Pandemi Covid-19 Memacu Guru untuk Terus Berinovasi

AsianMysteryTreks.com – Apresiasi kepada para pendidik perlu disematkan dalam momen Hari Guru Nasional (HGN). Selama pandemi Covid-19, mereka tetap sabar membimbing siswa untuk semangat belajar. Berikut wawancara Jawa Pos dengan Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dispendik Kota Surabaya Mamik Suparmi Kamis (25/11).

Apakah ada apresiasi khusus kepada para guru pada momen HGN ini?

Tentu dispendik menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh guru di Surabaya. Apresiasi ini kami sampaikan ke guru-guru di jenjang TK, SD, dan SMP. Mereka memiliki semangat yang luar biasa. Tetap mengajar dalam keterbatasan.

Guru-guru juga semakin familier dengan teknologi. Pendapat dispendik?

Selama pandemi ini pula, guru-guru terus berinovasi. Mereka menghasilkan ratusan video pembelajaran yang bagus. Misalnya, ada yang membuat dongeng, cerpen, atau cerita gambar untuk materi pembelajaran literasi dan numerasi.

Ini sangat membantu pemahaman para siswa karena sewaktu-waktu bisa diunduh dari YouTube. Dikirim ke link ponsel anak-anak didiknya.

Sejauh ini bagaimana kesejahteraan guru, khususnya untuk guru-guru non-PNS?

Pemkot Surabaya sangat menghargai jasa para guru. Guru-guru yang berada di sekolah swasta, misalnya, saat ini sudah memiliki tunjangan tambahan dari APBD. Nilainya Rp 1 juta per bulan. Total ada 2.500 guru yang menerima. Sedangkan untuk guru non-PNS yang mengajar di sekolah-sekolah negeri, gajinya sudah cukup tinggi. Rata-rata nilainya sudah di atas UMK 

Bagaimana dengan rencana PTM berkapasitas 100 persen?

Kita tentu berharap pandemi Covid-19 semakin terkendali. Saat ini kita menyiapkan PTM 100 persen. Ini sesuai dengan arahan Pak Wali Kota. Tapi, meskipun nanti ada tambahan kapasitas PTM, kita tetap memberikan pilihan ke anak-anak. Apakah mengikuti PTM atau secara daring. Dua-duanya kami fasilitasi.

Sumber: www.jawapos.com